Cara membaca Al-Quran yang baik adalah dengan beberapa langkah yang harus di perhatikan agar dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Dalam Membaca Al-Quran dan memahami makna dari tiap ayat Al-Quran yang kita baca, tentunya kita harus mengetahui bagaimana cara membaca yang baik dan benar dengan mengenal huruf hijaiyyah, tajwid dan hukum cara membaca Al-Quran. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas bersama-sama.

Tahukah teman-teman ada berapa huruf hijaiyyah ? yaa benar sekali ada 28 huruf. Bagi teman-teman yang belum tahu, berikut adalah Huruf-Huruf Hijaiyyah :

Membaca Al-Quran dengan Baik dan Benar

Membaca Al-Quran dengan Baik dan Benar

Dalam Membaca Al-Quran sama halnya kita belajar membaca huruf alfabet dan belajar membaca bahasa indonesia. mengenal ke 28 huruf hijaiyyah adalah modal pertama kita untuk dapat membaca al-quran dengan baik. Namun Sebelum kita membaca Al-Quran diharuskan mengawali dengan membaca kitab iqra/iqro dari mulai tingkat 1 sampai tingkat 6. Setelah dirasa mampu dan fasih dalam membaca iqra barulah kita masuk untuk membaca Al-Quran dimana untuk membaca A-Quran yang baik dan benar kita harus bisa melafazkannya dengan mengetahui panjang pendeknya harkat yang harus dibaca. Salah satunya teman-tean harus belajar tentang tajwid.

Dalam membaca Al-Quran agar dapat mempelajari, membaca dan memahami isi dan makna dari tiap ayat Al-Quran yang kita baca, tentunya kita perlu mengenal, mempelajari ilmu tajwid yakni tanda-tanda baca dalam tiap huruf ayat Al-Quran. Guna tajwid ialah sebagai alat untuk mempermudah, mengetahui panjang pendek, melafazkan dan hukum dalam membaca Al-Quran. Dalam ilmu Tajwid dikenal beberapa istilah yang  harus kita perhatikan dan diketahui dalam pembacaan Al-Quran, diantaranya :

  1. Makharijul huruf, yakni tempat keluar masuknya huruf.
  2. Shifatul huruf, yakni cara melafalkan atau mengucapkan huruf.
  3. Ahkamul huruf, yakni hubungan antara huruf.
  4. Ahkamul maddi wal qasr, yakni panjang dan pendeknya dalam melafazkan ucapan dalam tiap ayat Al-Quran.
  5. Ahkamul waqaf wal ibtida’, yakni mengetahui huruf yang harus mulai dibaca dan berhenti pada bacaan bila ada tanda huruf tajwid.
  6. Al-Khat dan Al-Utsmani

Mengenal, mempelajari dan mengamalkan ilmu tajwid berserta pemahaman akan ilmu tajwid itu sendiri merupakan hukum wajib suatu ilmu yang harus dipelajari, untuk menghindari kesalahan dalam membaca ayat suci Al-Quran dan melafazkannya dengan baik dan benar sehingga tiap ayat-ayat yang dilantunkan terdengar indah dan sempurna.

About these ads